SDN Sukorejo 01 Gondanglegi, bertekad ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tujuan negara Indonesia!

Kamis, 15 April 2010

MATEMATIKA BUKAN UNTUK DITAKUTI


Berbicara tentang matematika memang asyik. Banyak anak beranggapan matematika itu menakutkan melebihi jarum suntiknya bu dokter. Tetapi Matematika bukan mata pelajaran yang menakutkan meski menggunakan rumus-rumus. Rata PenuhMemang sebagian besar siswa dewasa ini masih menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak sedikit yang menganggapnya sebagai momok.

"Padahal jika ditekuni dengan serius tidak ada yang sulit, terlebih lagi bila menguasai rumus-rumus dan banyak mengulang di rumah, bahkan pelajaran matematika ini akan menjadi pelajaran menyenangkan," kata salah seorang guru matematika.

Beliau mengatakan, tujuan pendidikan matematika pada dasarnya bukan mencapai hasil, namun lebih untuk menciptakan manusia-manusia yang mampu memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi.

Selain itu, pendidikan juga diharapkan mampu menciptakan insan-insan yang kreatif dan inovatif, sehingga mampu menciptakan hal-hal baru demi kemaslahatan umat.

"Intinya tanpa pendidikan tidak akan ada perubahan yang dapat dicapai di dunia ini. Manusia akan statis dan hanya bersifat menerima apa yang ada pada dirinya sekarang," katanya.

Menurut Poerwa, selama ini proses pembelajaran matematika masih cenderung pada konsep tradisional, yakni hanya menjejalkan rumus-rumus dan hafalan tanpa memberi masukan bagaimana siswa menyelesaikan suatu permasalahan dengan baik.

"Misalnya saja proses pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan bantuan media gambar dan cerita agar menyenangkan dan siswa menjadi tertarik," katanya.

Pada kegiatan seminar-seminar sering dicari ide-ide cemerlang bagaimana menciptakan proses pembelajaran matematika yang menyenangkan yang dikenal dengan "PAKEMI"= Pembelajaran Aktif Kreatif Menyenangkan dan Inovatif"
"Diharapkan dengan ide-ide baru dapat dihasilkan bagaimana pembelajaran matematika yang menyenangkan bagi siswa selain itu juga ditujukan untuk berbagi pengalaman demi terciptanya metode pembelajaran matematika yang efektif dan efisien.
Kesimpulannya jangan sampai anak memanjangkan matematika dengan Makin Tekun Makin Tidak Karu-Karuan"... wkwkwkwkw...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Followers

Site Info

Jln Pahlawan No 2 Sukorejo Gondanglegi Malang Jatim
Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino