SDN Sukorejo 01 Gondanglegi, bertekad ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tujuan negara Indonesia!

Minggu, 18 Juli 2010

Belajar Efektif Mengejar Prestasi

Belajar merupakan suatu kewajiban bagi semua orang. Banyak orang yang beranggapan bahwa belajar hanya untuk para pelajar saja. Banyak para orang tua merasa kurang perlu untuk belajar. Namun sebenarnya belajar itu sangat perlu dilakukan oleh semua orang di semua umur dan kalangan. Maka dari itu, lita sangat perlu untuk mengetahui bagaimana cara untuk belajar secara efektif. Berikut adalah cara untuk belajar secara efektif.
1. Carilah tempat yang nyaman untuk belajar.
Kita sangat perlu untuk mencari tempat yang senyaman mungkin dalam belajar. Carilah sebuah tempat yang dapat menumbuhkan rasa semangat untuk belajar, seperti di teras ataupun di kamar kita pribadi.
2. Pilihlah waktu yang tepat.
Selain mencari tempat yang tepat, kita juga perlu untuk menentukan waktu blajar yang tepat. Waktu yang tepat adalah waktu di mana kita dapat berkonsentrasi secara penuh. Setiap orang memang memiliki waktu belajar yang tepat. Ada seseorang yang dapat belajar dengan baik pada pagi hari, ada pula orang yang dapat belajar pada malam atau sore hari. Hal ini tergantung pada waktu di mana anda merasa fit dan dapat berkonsentrasi secara baik.
3. Suasana yang mendukung.
Carilah suasana untuk belajar yang menurut anda tepat dan nyaman untuk belajar. Biasa nya orang-orang dapat belajar dengan baik dalam keadaan yang tenang. Memang kondisi yang tenang dapat membantu kita dalam berkonsentrasi. Namun ada beberapa orang yang akan merasa ngantuk ketika belajar dalam suasana yang tenang, maka kita dapat belajar dengan mendengarkan lagu yang kamu sukai untuk mengusir ngantuk.
4. Sedikit demi sedikit.
Dan ini adalah salah satu hal yang paling penting, yaitu kita jangan belajar dalam 1 kali belajar. Apalagi bila bahan untuk belajar sangat banyak. Hendaknya kita belajar sedikit demi sedikt setiap hari. Hal ini akan mencegah otak kita mengalami overload karena terlalu banyak bahan belajar yang masuk dalam 1 waktu. Sebab bila overload tersebut terjadi, maka kemungkinan besar kita akan lupa pada esok hari atau beberapa hari kemudian.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Followers

Site Info

Jln Pahlawan No 2 Sukorejo Gondanglegi Malang Jatim
Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino