SDN Sukorejo 01 Gondanglegi, bertekad ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tujuan negara Indonesia!

Kamis, 12 Agustus 2010

Buah Pisang dan madu Sangat Bagus untuk berbuka Puasa


Bagi umat Islam menjalankan puasa adalah merupakan suatu kuwajiban yang harus dijalankan selama sebulan penuh . Menahan makan dan minum dan sejumlah larangan lainnya dari terbit fajar matahari hingga magrib jelas mengurangi kekurangan zat gizi yang masuk dalan tubuh kita. Para ahli memperkirakan, puasa akan mengurangi sekitar dua puluh sampai tiga puluh persen pasokan kalori ke dalam tubuh. Jadi aturlah menu sehat ketika berpuasa. Ini sebagian di antara tips yang bisa dipakai, dalam menunaikan ibadah Puasa Romadhon
Menu berbuka puasa
Pisang
Pisang menjadi pilihan berbuka yang sehat dan segar. Pisang mengandung kalium tinggi, bermanfaat untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Buah-buahan lain pun baik buat berbuka puasa. Glukosa pada buah-buahan merupakan sumber energi utama yang menggerakkan saraf pusat.
Kurma
Kurma yang segar dan lembek, tak terlalu manis, bernutrisi sangat tinggi, tapi berkalori rendah. Mengandung kalium, magnesium, dan serat yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan energi. Kurma bisa mencegah dan mengatasi anemia, lelah, dan melancarkan pembuangan.
Buah manis ini mengandung karbohidrat kompleks. Dengan begitu, kadar insulin tubuh tak terkatrol. Berbeda dengan penganan manis—seperti kolak atau cokelat—yang berkarbohidrat sederhana dan meningkatkan insulin.
Madu
Sangat baik dicampur dengan minuman atau menjadi pemanis makanan ketika berbuka. Sebagai pengganti gula, madu sangat mujarab meningkatkan stamina. Madu menjaga stabilitas tubuh sehingga tetap segar, mencegah gangguan pencernaan, dan melancarkan metabolisme.
Madu mengandung gula sederhana, protein, dan sedikit gula kompleks. Madu bersifat antibiotik, antiseptik, dan antifungal yang menghambat atau menghentikan pertumbuhan berbagai bakteri patogen, mikroorganisme, juga jamur.
Air putih
Berbuka dengan air putih menghilangkan dehidrasi sekaligus memulihkan keseimbangan air dalam tubuh. Kebutuhan tubuh 2000 -2500 mililiter atau 6-8 gelas air. Jadi, perbanyaklah minum pada malam hari.
Caranya, ketika berbuka sekitar dua gelas, menjelang tidur 3-4 gelas, satu gelas ketika bangun tidur untuk sahur, lalu segelas lagi saat sahur. Teh, susu, jus buah, atau kuah sayur juga bisa meningkatkan konsumsi air.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

 

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Followers

Site Info

Jln Pahlawan No 2 Sukorejo Gondanglegi Malang Jatim
Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino