SDN Sukorejo 01 Gondanglegi, bertekad ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tujuan negara Indonesia!

Senin, 11 Oktober 2010

TES INTELIGENSI ( IQ ) SD Negeri Sukorejo 1

Tanggal 11 Oktober 2010 semua siswa SD Negeri Sukorejo 1 Gondanglegi mendapatkan layanan berupa tes IQ dan Tes Bakat yang bekerjasama dengan PSIKO DINAMIKA Layanan Bimbingan dan Konseling Pendidikan dengan Alamat ;Jln Slokan Mataram 49, Sinduadi ,Mlati Sleman Kotak Pos 1318 Yogyakarta 55000
Mengapa tes tersebut perlu diadakan ? apa manfaat dan kegunaannya? Untuk mengetahui jawabannya maka kita ikuti penjelasan sebagai berikut :

Apa IQ dan Bakat itu ?
IQ adalah sebuah singkatan yang kepanjangannya adalah Intelegensi Qaution dalam bahasa Indonesia sering disebut angaka kecerdasan seseorang.
Kecerdasan yang dimaksud adalah kemampuan manusia secara umum (dalam hal pada umumnya)
Sedangkan Bakat adalah kemampuan manusia pada bidang-bidang khusus/tertentu. Contohnya di bidang akademis: Bakat verbal (bahasa), bakat numerikal (menghitung angka), ketelitian, berfikir abstrak dan sebagainya. Ada juga bakat dibidang seni, olah raga, keterampilan dan sebagainya. Namun bakat-bakat yang demikian lebih gampang diamati pada diri seseorang melalui kemahiran seseorang dibidang tersebut. Serta prestasi yang dicapainya. Akan halnya bakat yang akan kita ukur dengan tes adalah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang yang bersifat asbstrak yang diperlukan alat tersebut untuk mengetahui/mengukurnya. Itulah yang disebut bakat berganda. Tes yang dijalani kemarin adalah tes IQ untuk mengukur kecerdasan dan tes bakat berganda untuk mengukur kemampuan khusus yang kita miliki. Hasilnya adalah berupa angka/score.
Untuk tes IQ score yang dihasilkan berkisar 70 – 169. dengan penerjemahan sebagai berikut :
140 – 169 : Very superior (sangat pandai)
120 – 139 : Superior (pandai)
110 – 119 : High Average (diatas rata-rata)
90 – 109 : Average (rata-rata)
80 – 89 : Low average (dibawah rata-rata)
70 – 79 : Barderline (lambat belajar)
Sedangkan hasil tes bakat, angka yang diperoleh berkisar 0 – 100. semakin tinggi angka yang diperoleh menunjukkan semakin tinggi bakat yang dimiliki dibidang tersebut.

Kegunaan Tes IQ dan Tes Bakat

Tes IQ
1. Dapat mengetahui kecerdasan yang dimiliki
2. Dapat melihat sejauh mana potensi bisa dikembangkan secara maksimal.
3. Untuk mengkreasikan antara tingkat kecerdasan dengan hasil belajar yang dicapai (jika IQ tinggi harusnya prestasi belajar juga tinggi)
4. Untuk mendeteksi kesulitan belajar disebabkan karena faktor kemampuan ataukah faktor yang lain seperti kemalasan, dll.
5. Untuk pertimbangan dalam memilih jenjang pendek/panjang.


Tes Bakat
1. Untuk mengetahui kemampuan khusus yang dimiliki.
2. Untuk mendeteksi persoalan belajar yang dimiliki terutama pada penguasaan bahan pelajarana.
3. Untuk memilih pendidikan lanjutan yang ingin dimasuki.
4. Memilih bahan pelajaran yang sesuai dengan kemampuan.
Aspek Yang Diungkap
Aspek disesuaiakan dengan pola / tingkat kognetif dan perkembangan psikis siswa.
Adapun aspek yang diungkap meliputi :
1. KV ( Kemampuan Verbal )
2. KNV ( Kemampuan Non Verbal )
3. IQ ( Inteligensi Qaution )
Metode Tes
Tes Inteligensi dilaksanakan di SD Sukorejo 1 dengan dipandu oleh Psikiater PSIKO DINAMIKA Sistem tes klasikal dengan pendekatan individual. Lembar tes,edaran orang tua, data diagnosa klasikan dan perlengkapan tes lainnya disediakan pihah PSIKO DINAMIKA. Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan tes Inteligensi kurang lebih 40 menit untuk perkelasnya.
.
Bagaimana Menyikapi Tes

Tes yang kita lakukan hasilnya tidak mutlak benar 100%. Ada angka-angka kemungkinan kesalahan prediksi walaupun itu kecil. Jika anak-anak mendapatkan score yang rendah tidak perlu minder atau berkecil hati karena keberhasilan seseorang tidak mutlak ditentukan oleh tingginya angka kecerdasan kita tapi juga banyak dipengaruhi oleh faktor yang lain seperti usaha, kerja keras, ketabahan, keuletan, ketelatenan dan do’a.
Sedangkan tes IQ adalah untuk sekedar memberi gambaran/potret diri kita yang selanjutnya kita akan menindak lanjuti dengan cara yang tepat. Jika kemampuan rendah tentu tidak cukup belajar hanya sambil lalu saja. Demikian pula jika tes hasil tinggi juga tidak memberikan manfaat jika tidak diasah secara maksimal.
Adapun tes bakat kita sikapi sebagai sebuah informasi yang membimbing kita untuk mengetahui potensi-potensi khusus yang mungkin belum jelas teraktualisasikan dipermukaan sehingga dengan itu kita semakin jelas mengarahkan potensi yang ingin dikembangkan.
Nah, selamat berjuang ! semoga berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tags

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Followers

Site Info

Jln Pahlawan No 2 Sukorejo Gondanglegi Malang Jatim
Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino