SDN Sukorejo 01 Gondanglegi, bertekad ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tujuan negara Indonesia!

Senin, 10 Januari 2011

Siswa tidak Lulus UN harus Mengulang Sekolah

Siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) tidak dapat lagi mengikuti ujian susulan dan diharuskan mengulang kembali di kelas yang sama atau mengikuti ujian paket luar sekolah.
"Sesuai dengan perubahan dalam penyelenggaraan UN 2010/2011 yang ditetapkan pemerintah pusat maka siswa yang tidak lulus UN tidak dapat mengikuti UN susulan, mereka harus mengulang di kelas yang sama atau mereka bisa mengikuti ujian paket,"
Perubahan sistem tersebut kata dia diatur dalam Permendiknas No.45/2010 tentang Kriteria Kelulusan, yang saat ini sedang mereka sosialisasikan ke sekolah-sekolah dan kalangan masyarakat daerah itu.Salinan isi Permendiknas tersebut dapat dibaca
Dengan adanya perubahan sistem ini membuat siswa harus belajar ekstra, jika tidak lulus UN maka mereka akan tinggal satu tahun atau mengulang melalui ujian paket pada pendidikan luar sekolah.
Selain itu penentuan kelulusan siswa saat ini dibagi 60:40 yakni 60% penilaian melalui UN dan 40% melalui ulangan harian dan penilaian prilaku di sekolah masing-masing. Sedangkan standar masih dipatok seperti tahun-tahun sebelumnya yakni 5,25.
"Nantinya sekolah tidak bisa bermain untuk meluluskan siswanya karena nilai harian dan ulangan sekolah ini diserahkan sebelum pelaksanaan UN, jadi kalau nilai sekolah tinggi sedangkan UN kecil maka tetap tidak lulus karena standarnya kelulusan masih dipatok 5,25," katanya.
Untuk itu, pihaknya mengimbau sekolah-sekolah yang ada di daerah itu agar jangan terlena dan lebih meningkatkan kegiatan belajar mengajar serta memberikan pelajaran tambahan di luar jam sekolah. Sehingga pada pelaksanaan UN nanti para siswa di daerah itu dapat lulus dengan baik. (4ntoni Sutris)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Followers

Site Info

Jln Pahlawan No 2 Sukorejo Gondanglegi Malang Jatim
Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino