SDN Sukorejo 01 Gondanglegi, bertekad ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tujuan negara Indonesia!

Kamis, 19 Mei 2011

SEDEKAH LEWAT SENYUM

"Senyummu terhadap saudaramu merupakan sedekah."

(Riwayat al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad)

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa sallam (SAW) adalah pribadi yang selalu tersenyum.Diriwayatkan dari Jabir dalam Shaih Bukhari dan Muslim, Jabir berkata,”Sejak aku masuk Islam, Rasulullah SAW tidak pernah menghindar dariku.Dan beliau tidakmelihatku kecuali beliau pasti tersenyum kepadaku,”.

Makanya, Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk tersenyum kepada saudara mereka.Ini menunjukan bahwa aktivitas tersenyum bukanlah hal yang remeh, apalagi sia-sia, bahkan sebaliknya.menunjukkan bahwa tersenyum itu sangat penting.

Pendapat itu didukung oleh para ahli.Majalah Psychology Today pernah menurunkan nasihat, dengan tersenyum orang lain yang baru mengenal bakal merasa nyaman untuk melakukan komunikasi.Dan ketika seseorang tersenyum, betapapun sedang tidak bahagianya orang tersebut, otak mereka akan mengeluarkan sejumlah zat kimia yang tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi sekaligus juga memberi daya daya angkat bagi kondisi psikologis seseorang.

Seorang psikolog di Universitas Michigan, Prof.James V.McConnel juga mengatakan bahwa, orang yang tersenyum cenderung mampu mengatasi, mengajar, dan menjual dengan lebih efektif, serta mampu membesarkan anak-anak yang lebih bahagia.Senyum itulah yang mendorong semangat.

Kesimpulannya, ternyata disamping baik untuk kondisi fisik dan psikis yang bersangkutan, senyuman juga memberikan dampak positif bagi orang lain.Pantaslah jika Rasulullah SAW menilainya sebagai bentuk sedekah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Followers

Site Info

Jln Pahlawan No 2 Sukorejo Gondanglegi Malang Jatim
Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino