SDN Sukorejo 01 Gondanglegi, bertekad ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tujuan negara Indonesia!

Jumat, 20 Mei 2011

Trik Hemat Libur Akhir Tahun

SEBENTAR lagi kita memasuki masa libur akhir tahun. Anda sudah menentukan pilihan tujuan berlibur? Jika belum, kini saatnya Anda merencanakan hendak kemana mengisi liburan akhir tahun ini.

Berikut ini ada beberapa tip supaya Anda tetap dapat mendapatkan liburan dengan baik dengan anggaran yang terencana.

1. Sebelum Anda pergi, putuskanlah berapa lama akan menghabiskan waktu untuk berlibur dan Anda harus menaatinya. Tetapkan anggaran harian untuk hal-hal seperti biaya penginapan dan makan. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk melacak berapa banyak yang telah dihabiskan, serta berapa banyak tambahan yang Anda miliki untuk semisal membeli oleh-oleh atau cindera mata.

2. Anda dapat menyimpan uang lebih banyak dengan mengikuti fleksibilitas pada tanggal keberangkatan. Hotel dan resort seringkali menawarkan kesepakatan mengisi kamar yang kosong di menit-menit terakhir ketika Anda melakukan penundaan pembayaran.

3. Menghabiskan uang untuk makan di luar akan dapat membuat Anda boros. Untuk memangkas biaya, tinggal di hotel yang memiliki kulkas dan microwave dalam ruangan dan perlu juga memanfaatkan fasilitas hotel untuk sarapan gratis.

4. Ketika melakukan reservasi hotel, selalu minta kepada agen layanan tersebut agar melayani Anda sangat spesial. Juga jangan lupa untuk menyebutkan keanggotaan apapun yang Anda ikuti, seperti aktivis lembaga tertentu misalnya. Dengan menyebutkan keanggotaan yang Anda ikuti umumnya dapat memperoleh pelayanan yang lebih baik.

Biarkan agen tahu bahwa Anda sedang bepergian dengan anak-anak, karena banyak hotel yang membiarkan anak-anak bebas bermain di hotel.

5. Jika keluarga Anda cukup banyak sehingga diperlukan dua kamar, tanyakan kepada agen apakah hotel menyediakan suite khusus untuk keluarga. Suite keluarga biasanya memiliki lebih banyak ruang daripada sebuah kamar dan jauh lebih murah jika dibandingkan Anda menyewa dua kamar. Pilihan lainnya adalah untuk mempertimbangkan menyewa apartemen atau kondominium per minggu untuk waktu tinggal Anda lebih lama.

6. Bawa sendiri tempat tidur khusus bayi (boks) Anda. Banyak hotel yang membebankan biaya tambahan untuk menaruh boks bayi di kamar Anda, dan Anda mungkin tidak tahu bahwa boks yang tersedia sudah pernah digunakan sebelumnya. Jika Anda bepergian dengan anak balita, pertimbangkan juga untuk mendapatkan sebuah kamar dengan satu tempat tidur ukuran king size.

7. Bila bepergian, buatlah makan siang Anda dengan porsi yang lebih banyak. Restoran biasanya menawarkan makanan yang sama seperti pada menu makan malam, tapi pada harga yang lebih rendah. Jika Anda sedang bepergian dengan dua anak prasekolah yang pemakan ringan, pesan saja satu makanan dan membagi dengan keduanya. Atau bisa juga mencari restoran yang menawarkan makanan anak-anak secara gratis dengan pembelian makanan untuk dewasa.

8. Minuman fountain dan hidangan penutup merupakan makanan penutup dengan biaya besar sebenarnya tidak perlu dikonsumsi ketika makan di luar. Bawalah minuman khusus sendiri selama perjalanan dan membagikan kepada si kecil permen. Di restoran, orang-orang biasanya menginginkan tambahan makanan pencuci mulut, jika anak-anak mengeluh, peraslah buah limun ke dalam air, tambahkan sedikit pemanis (gula atau madu) dan Anda telah mendapatkan minuman limun instant.

9. Untuk menghemat cucian, kemas pakaian kotor Anda ke dalam sebuah kantong besar seukuran galon air dan menaburkan bubuk deterjen dari botol plastik kecil, lalu diisi air dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Lakukan pembilasan di wastafel dan menggantungnya agar cepat kering. Jangan lupa untuk membawa sikat untuk menggosok noda di atas tumpahan pakaian Anda jika tidak dapat mencucinya segera.

10. Buku audio yang bagus dan murah dapat membantu menghabiskan waktu saat Anda bepergian dengan mobil. Kunjungilah perpustakaan dekat tempat tinggal Anda sebelum pergi dan carilah beberapa pilihan cerita untuk persediaan. Anak-anak prasekolah umumnya hanya ingin mendengarkan, sementara pra-pembaca hanya menikmati gambar di dalamnya dengan membolak-balikkan buku.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Followers

Site Info

Jln Pahlawan No 2 Sukorejo Gondanglegi Malang Jatim
Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino