SDN Sukorejo 01 Gondanglegi, bertekad ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tujuan negara Indonesia!

Senin, 05 Maret 2012

Menuju Sekolah Sehat dengan Pelatihan Dokter Kecil / Kader Tiwisada

Upaya  Kesehatan saat ini tidak saja menitik beratkan pada pelayanan kesehatan di sarana-sarana pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, Pustu, Posyandu, Pusling dan lain sebagainya. Saat ini kalau kita hanya mengharapkan dari tempat pelayanan tersebut maka tujuan keterjangkauan pelayanan kesehatan tidak akan merata. Kita harus menumbuhkhan adanya kemandirian masyarakat untuk memperluas jangkauan pelayanan kesehatan melalui Desa Siaga, Upaya Kesehatan Sekolah (UKS), dan Poskestren.  Tentu saja pembentukan sarana -sarana pelayanan kesehatan tersebut tidak lepas dari pembinaan dan kontrol kita di Puskesmas sebagai penanggung jawab wilayah pembangunan kesehatan.
Salah satu bentuk dukungan  dari Puskesmas Gondanglegi Kab Malang,  pada tanggal 6 s/d 7 Maret  2012  mengadakan suatu pelatihan dokter kecil / Tiwisada dalam kerangka pembinaan  program UKS. Pelatihan dokter kecil dilaksanakan dengan peserta dari seluruh SDN dan SD Swasta di Gondanglegi yang terbagi dalam 6 kelompok diikuti oleh masing masing sekolah terdiri dari 6 orang siswa  terutama kelas 4 dan 5  Adapun SDN Sukorejo 1 mengirimkan  utusannya antara lain ; Ismiatul Hasanal ,Lola Nonita , Septyanty Kavitarna, Isnia Nurardiani,Yeni Indah Putri, Erika Nurcahyani
Pada kesempatan itu,  sebagai pembicara pertama menyampaikan hal-hal yang berkenaan dengan UKS, antara lain :
  • Apa itu profesi dokter dan kaitannya dengan peranan dokter kecil
  • Kriteria sekolah sehat yang meliputi ada UKS dengan dokter kecil, Ruang pelayanan UKS dan peralatan kesehatan sederhana, WC/ Jamban, Tempat Sampah, Sarana Pembuangan Limbah, Warung sekolah, Tempat cuci Tangan, kebersihan lingkungan Sekolah.
  • Teladan dokter kecil bagi rekan lainnya, memberikan pertolongan pertama pada kejadian sakit dan rujukan, serta pembatasan wewenang seperti hak pemberian terapi obat-obatan yang hanya boleh dilakukan oleh guru pembimbing UKS (ini hanya untuk obat ringan seperti Paracetamol; penahan sakit).
 Acara di lanjutkan oleh staf  Puskesmas Gondanglegi seperti jadwal yang sudah tersusun pada pelatihan dokter kecil.
             Demikianlah salah satu bentuk kepedulian dalam mendukung kemandirian upaya pelayanan kesehatan di sekolah. Dan tidak lupa  ucapkan terima kasih kepada .Bu Nurma selaku pengelola UKS Gondanglegi dan kepala Puskesmas Gondanglegi dr.Kartika Rachmawanti yang telah memberi wejangan dan arahan tentang Kesehatan si Lingkunga Sekolah .

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Tari Merak dlm acara perpisahan klas 6 th 2009/2010

Followers

Site Info

Jln Pahlawan No 2 Sukorejo Gondanglegi Malang Jatim
Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino